PENGERTIAN MANAJEMEN
Kata manajemen berasal dari bahasa francis kuno management, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Mary parker follet mendefinisikan bahwa manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Seperti ilmu sosial yang lain manajemen mempunyai banyak pengertian.. ada yang mengartikan manajemen adalah sebagaisuatu proses adapula yang mengartikan menajemen sebagai suatu seni untuk mencapai suatu tujuan melalui pengaturan terhadap orang lain.
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasi, pengarahan, dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya- sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
Di tahun 1916 memperkenalkan konsep manajemen yang berupa merencanakan, mengorganisasikan, memerintahkan, dan mengawasi.
Tingkat manajemen dalam organisasi akan membagi tingkat manajer menjadi 3 ( tiga ) tingkatan:
1. Manajer lini garis-pertama ( first line ) adalah tingkatan manajemen paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional
2. Manajer menengah ( middle manager ) adalah manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi.
3. Manajer puncak ( top manager ) terdiri dari beberapa kelompok yang relative kecil, manajer puncak bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasinya
Kata manajemen dapat di artikan sebagai suatu tindakan seni pengarahan, pelaksanaan, pembimbing, pengawasan. Di Indonesia manajemen di artikan sebagai pembinaan, penggunaan, pengelolaan, kepemimpinan jadi dalam kata manajemen tersirat beberapa pengertian dalam manajemen terkandung unsure seni yaitu: seni dalam kegiatan pengurusan, seni dalam pengelola, seni dalam pembinaan, seni dalam kepemimpinan, seni dalam pengarahan, dan seni dalam ketatalaksanaan.
Manajemen dapat ditinjau dari 3 ( tiga ) sudut; yaitu
1. Sudut proses adalah
John D. millet berpendapat bahwa manajemen dalam sudut proses adalah merupakan proses pembimbingan dan pemberian fasilitas ( kemudahan ) terhadap pekerjaan orang-orang yang terorganisir dalam kelompok-kelompok formal untuk mencapai suatu tujuan yang di kehendaki (terjamahan )
2. Sudut fungsional adalah:
Dalam proses lagi atau untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan tentu terdapat tugas-tugas / fungsi-fungsi yaitu fungsi merencanakan, fungsi mengorganisasi. Fungsi menggerakan, dan fungsi mengawasi.
3. Sudut institusional
Dari sudut ini manajemen ditinjau sebagai suatu kelembagaan akan totalitas yang melakukan kegiatan-kegiatan
Manajemen itu juga ada fungsi yang termasuk fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melesat didalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manejer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan, fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industry asal prancis bernama henry fayol pada abad ke -20. Ketika itu Ia menyebutkan liama fungsi manajemen yaitu: merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, mengendalikan,. Namun saat ini ke lima fungsi trsebut telah diringkas menjadi empat yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Perencanaan adalah memikirkan apa yang akan dilakukan dengan sumber yang dimiliki, perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan perusahaan.